Langsung ke konten utama

Yuk, Jajan part 2

Ngelanjut yang part 1 sengaja dipisah biar nggak terlalu banyak :D


2. Bakso Bang Siput, Purworejo

Inget ya, bakso yang dikelola bang Siput, bukan bakso siput. Hehehe... Bakso ini sudah menjadi hal yang WAJIB dilakukan di keluarga besar aku. Kapanpun aku dan keluarga pulang kampung, pasti disempet-sempetin mampir ke bang Siput. Udah jadi tradisilah istilahnya. Saking rutinnya, aku jadi saksi naiknya harga semangkuk bakso dari tahun ke tahun. Dari harga Rp.5000/porsi, sampe Rp.7000/porsi (2012). Kalo yang taun ini belom tau harganya berapa. Nggak ditempel sih di kasirnya.

Bakso ini jadi favorit karena rasanya bener-bener khas. Beda gitu dari bakso-bakso yang lain. Tekstur baksonya juga lembut, nggak kenyal sama sekali. Tapi kata ibu, rasanya yang sekarang udah beda. Nggak kayak dulu lagi. Hmm.. entah juga, ya. Balik ke awal aja deh, soal rasa dan selera, tiap orang emang beda-beda. Buat aku tetep enak, kok. Cuman baksonya makin dikit. Kalo dulu sempet ditambah gajih juga, sekarang udah enggak. Oya, Bakso Bang Siput ini terletak di Kompleks jalan KH. A. Dahlan. Lupa nomer berapa. Trus kalo naik angkot, bisa naik KOPADA jalur A ato jalur 19. Kayaknya loh, ya. Soalnya yang aku tau bisa lewat cuman itu. Ntar bisa turun di seberang Bakso Bang Siput ato di depan masjid An-Nur. Trus jalan dikit, nyebrang, nyampe deh. Hati-hati, ya, jalanannya rame. Apalagi kalo lebaran. Banyak mobil pribadi yang kebanyakan plet B #eh. Belom lama ini Bang Siput juga buka cabang di alun-alun kota Purworejo. Tapi belom pernah nyoba ke sana aku. Yang ini yang paling deket dari rumah. Hehehe... Maap nggak bisa ngasih fotonya, tapi di google udah banyak yang bikin testimoninya kok. Tinggal di-cek doang. :)

3. Rumah Makan Duta, Ngawi
Lagi-lagi ini tadisi tahunan waktu pulang kampung. untuk melepas penat dan mengisi perut setelah menempuh perjalanan dari Surabaya, aku dan keluarga bisa dikatakan PASTI mampir di sini. RM Duta terletak di Jl. Raya Solo no. 5-6 Ngawi (kanan jalan dari Surabaya). Dari aku kecil, mampirnya ya di siniiii mulu. Nggak tau kenapa. Diajakin pindah tempat juga nggak pernah mau. Mobilnya kayak refleks belok waktu mau ke Duta (lebaaayyy). Oke, terlepas dari itu, RM ini emang enak, kok. Service-nya lumayan. Fasilitasnya juga lengkap. Ada hall, musholla, sederet kamar mandi, juga tempat oleh-oleh. Oya, beberapa PO bus juga ada yang mesti ke sini buat makannya. Contoh saja bus Eka jurusan Surabaya-Jogja. Dari aku masih sering naik bus sampe aku udah nggak pernah naik lagi, bus Eka dipastikan selalu ke rumah makan Duta. Tapi tenaaaanngg. Tempat makan untuk penumpang bus sama kendaraan pribadi dibedain kok. Kalo penumpang bus biasanya di RM Duta yang no.6 bagian depan. Kalo yang pribadi di RM Duta no.5 (kayaknya) sama no.6 yang bagian belakang. Perlu diketahui, menu-menu di Duta ini enak lhooo.. Yah, belom mencapai enak banget, sih, tapi lumayanlah. Bisa jadi tempat istirahat yang oke. :)









toko oleh-oleh



kamar mandi dan wc


luas ya tempat parkirnya?


icon Duta yang bakalan nyambut kalian di pintu masuk :D