Langsung ke konten utama

New Journey - Jadi Mahasiswa (part 2)

Assalamualaikum.. :) 

          Alhamdulillah saya masih bisa nulis lagi. Baru kemaren sore sampe rumah setelah perjalanan 6 jam dari Jogja. Okey, sesuai janji, saya bakalan cerita tentang proses registrasi saya di UIN SUKA.
          Dimulai dengan pengumuman UKT tanggal 8 Juni, Bersamaan dengan itu diumumkan beberapa persyaratan untuk registrasi. Pengumuman itu disa dilihat di sini. Sementara besaran UKT bisa dibuka di sini. Terus terang, UKT tahun ini bisa dibilang mahal. Tapi kalau dibandingkan dengan kampus lain, UIN tetap paling murah. Saya sebut mahal karena golongannya lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu untuk SNMPTN maksimal hanya sampai golongan 3, maka tahun ini bisa sampai golongan 5. Saya sendiri dapat golongan 5 untuk prodi Ilmu Komunikasi. Lumayan tekor :'D. Tapi kalau kata kakak saya sih, namanya juga pendidikan, pasti butuh biaya banyak. Yaudahlah, lupakan.
          Singkatnya, ini jadwal proses registrasi di UIN tahun 2016/2017 :
8 Juni          : pengumuman penetapan UKT dan syarat registrasi
13-17 Juni   : pembayaran UKT
13-20 Juni   : pemeriksaan di poliklinik UIN SUKA dan pengambilan nomor antrian registrasi
15-20 Juni   : pengisian Data Pribadi Mahasiswa (DPM)
16-21 Juni   : penyerahan berkas ke pusat layanan terpadu
          Jadwalnya padet banget, karena itu musti pinter bagi waktunya, apalagi buat mahasiswa yang berasal dari luar Jogja. Saya sendiri bayar UKT tanggal 13, trus tanggal 15 berangkat ke Jogja, tanggal 16 periksa di klinik UIN sama ngisi DPM, baru tanggal 17 nyerahin berkas. Tes kesehatan itu nggak ribet kayak kalau di rumah sakit kok. Simpel saja. Mungkin ada yang pernah minta surat keterangan sehat dari puskesmas? Nah, ya kurang lebih seperti itu. Ngga sampe tes darah dsb (yang bener aje, mabanya banyak boo.. ribet kalo tes banyak-banyak wkwkwk..). Sebenernya bisa sehari selesai, cuma saya kemarin ada sedikit problem. Jadi gini, ketentuannya, kalau sudah bayar UKT, di slip pembayaran akan tercantum NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan pinnya untuk bisa akses ke website UIN SUKA. Tapi waktu itu, di slip saya belum tercantum NIM. kolom NIM saya masih tertulis nomor pendaftaran SNMPTN. Dan ternyata, ada teman saya juga mengalami hal serupa, kok ya pas sama-sama bayar di bank BR*. Temen saya yang satunya bayar di bank BN* langsung dapet, makanya dia bisa sehari jadi prosesnya. Karena itulah, habs dari klinik, saya harus ke PLT (Pusat Layanan Terpadu) buat ambil NIM. Baru deh sorenya saya ngisi DPM. Itupun angger ngisinya. Banyak yang masih kosong. Sekedar memenuhi syarat saja. Soalnya saya banyak yang nggak tau data-data yang dimaksud. Setelah isi DPM, dapet deh 2 surat pernyataan. Yang satu kesanggupan membayar UKT, satunya lagi kesanggupan mematuhi Kode Etik Mahasiswa (KEM). Nah, problem baru muncul. Di surat pernyataan UKT itu, butuh tandatangan Lurah juga. Waduuh.. Kakak kelas saya udah mikir dipalsu saja itu. Tapi saya inget kalau Lurah mesti ngasih stempel di atas tandatangannya. Lohyaaaa... saya pusing lagi deh. Alhamdulillah, setelah ditanyakan ke petugas, boleh nggak pake tandatangan Lurah itu. Jadi cuma tandatangan saya saja.
          Hari penyerahan berkas juga termasuk hari foto KTM. Prosesnya alhamdulillah saya kemarin nggak lama. Berangkat jam 9, jam 11 sudah sampai asrama. Langsung teler dah. Besoknya pulang deh hehehe.. Alhamdulillah, meskipun ribetnya bikin ngelus dada, dilancarkan sama Allah. Sekarang ini saya tinggal nunggu ijazah turun trus balik lagi ke Jogja (insyaallah) pertengahan Agustus mendatang.
          Semoga postingan saya bisa membantu teman-teman yaa... Kalau ada yang bingung dipersilakan tanya, barangkali saya bisa bantu. :)

Wassalamualaikum...