Langsung ke konten utama

Jalan-Jalan Di Jogja (Edisi Pasar Kangen)

Ciluk ba ^^
Halo teman-teman.. jadi ceritanya, selama Kamis-Jumat kemarin aku “main” ke Jogja. Ada sedikit urusan sih di kampus. Niatku juga Cuma sehari. Tapi ternyata berkasku nggak bisa langsung jadi. Jadi harus stay dua hari di sana. Berangkat Kamis pagi, aku sampai di kampus jam 2 kurang. Hujan bok. Sepanjang jalan dari Surabaya sampe Jogja mendung-mendung-gerimis gitu. Kereta yang udah adem kena AC jadi makin adem. Brr..

Kedatanganku di Jogja bisa dibilang nice timing, karena di Jogja sendiri lagi ada Pasar Kangen. Jadi semacam nostalgia kuliner Jogja gitu. Lokasinya di Taman Budaya Yogyakarta, belakang Taman Pintar/Pasar Beringharjo. Aku datengnya kepagian sih. Jam 10-an gitu. Penjualnya masih belum banyak. Maklum sih, kan Jumat. Mungkin pada sekalian habis Jumatan atau agak sorean gitu kali. 
 

salah satu stand

masih agak sepi pas habis Jumatan
Seperti biasa, aku muterin dulu setiap jengkalnya. Scanning dulu, ada apa saja di sana. Banyak yang namanya masih asing. Seperti lempeng, es gandul, mi pentil. Banyak sih. Tapi karena aku kurang cocok sama makanan di Jogja, jadi aku agak aware gitu. Takut ternyata nggak cocok, trus dibuang,kan sayang. Si Ilmi sih langsung nyoba cenil. Lumayan sih. Goceng. Isinya juga campur-campur sesuai selera. Dia ambil tiwul, gethuk, cenil, sama entah apa itu namanya. Aku sempet ngincer tahu gejrot sama sego megono. Tapi sayang belum buka stand-nya T_T. Ujungnya foto-foto, deh. Ada spot buat foto di jembatan sama bagian atas. Di tulisan “Pasar Kangen” sama semacam tugu yang ditulisin makanan-makanan khas yang ada di pasarnya. Tapi bukan aku yang jadi objeknya. Malah aku yang motret *lol*.  Aku cuman dua jepretan udah bingung kudu gimana lagi wkwk..






Oiya, pas habis foto-foto, stand-nya mi pentil (yang Ilmi kepo banget) ternyata udah buka. Pas diliat, bentuknya sih agak aneh. Tebel gitu. Warna putih sama kuning. Disajikannya sama sambal. Ilmi sempet nanya itu dari apa, si mbaknya bilang itu dari ubi sama singkong. Karena aku juga kepo kalau berbau-bau “mi”, beli deh seporsi. Sempet ragu pas mau coba makan, tapi ternyata enak. Gurih rasanya. Padahal dilihat-lihat nggak dikasih bumbu kan, Cuma sambal doang, tapi jadi berasa makan mi ayam gitu haha.. Teksturnya agak-agak kenyal, nggak sepertimi pada umumnya. Begitu tau aku nggak protes, Ilmi juga langsung beli.
penampakan mi pentil (awas salah baca :p)
Sebenernya pengen coba jajanan yang lain juga, tapi udah terlanjur ilfil :p Jadilah jalan-jalannya lanjut ke Beringharjo. Beli batik sama minuman pesenan orang rumah. Trus lanjut jalan lagi. Yah, cuman menyusuri jalanan Malioboro. Rame juga ternyata. Maksudku, padahal itu hari Jumat, tapi juga rame. Sempet mampir ke mall-nya juga, tapi cuman muter-muter doang hehe.. Tapi memang niatnya mau buang-buang waktu sih. Sambil nunggu jadwal boardingku jam 4. Dan karena sudah terlalu capek, si Ilmi pamit balik duluan. Aku juga langsung ke stasiun. Bengong di sana karena masih harus nunggu 30 menit-an.

  Jogja, walau apapun, akan selalu istimewa
Udah sih, ceritanya hehe.. garing ya? Habis dari kemarin gatel pengen nge-share. Tapi sampe rumah sudah hampir jam 11 malam, jadi terlanjur malas *lol*. Semoga menghibur deh, karena perasaan nggak ada manfaat-manfaatnya. Annyeong :)