Langsung ke konten utama

[BEAUTY] Basic Skincare

[NB: Postingan ini berdasar pada pengalamanku, dan saran berikut berdasar apa yang sudah kuamati dari video per-beauty-an dan kesimpulan dari Line Square: Oily Skin]



☆Oke, aku sudah sadar kalau skincare itu penting, tapi aku harus mulai darimana?

Pertanyaan di atas sempat membuatku kelabakan karena aku buta total tentang Beauty World. Kalau kamu newbie di dunia ini, kamu bisa kenalkan basic skincare ini ke kulit: 
double cleansing - exfoliating - hydrating - moisturizing - SPF

♧ Double Cleansing 
Merupakan metode dua kali pembersihan wajah agar sisa kotoran, make-up, atau polusi nggak tinggal dan mengendap di pori-pori kulit (yang ke depannya bisa menimbulkan jerawat). Double cleansing ini bisa menggunakan kombinasi milk cleanser+facial wash, micellar water+facial wash, cleansing oil+facial wash, atau cleansing balm+facial wash. Tinggal pilih saja mana yang cocok denganmu.
♡Bagaimana kalau aku nggak pakai make-up, masih harus double cleansing?
Of course! Karena kan ada sisa spf, bedak, itu juga harus dibersihkan atau akan menyumbat pori-pori dan (lagi-lagi) bisa menimbulkan jerawat.
PS: double cleansing ini wajib dilakukan di sore atau malam hari, saat kamu benar-benar tidak keluar rumah lagi. Untuk pagi hari, bisa kalau ingin (tapi kalau aku cukup facial wash saja :))

♧ Exfoliating
Meskipun setiap hari double cleansing, di kulit kita ada sel kulit mati yang nggak bisa keangkat kalau hanya cleansing saja, jadi perlu exfoliating. Bentuknya bisa chemical (daily AHA, BHA, PHA toner dengan konsentrasi ringan) atau physical (AHA, BHA, PHA dengan konsentrasi tinggi; bisa juga berupa scrub. Mungkin ada bentuk physical yang lain, cuma aku baru tahu segitu). Nggak perlu setiap hari untuk eksfoliasi ini. Cukup 2-3 kali dalam seminggu. Saranku, lakukan di malam hari. Kenapa? Ya nggak apa-apa haha :D. Kalaupun kamu mau emlakukannya pagi hari juga nggak masalah, tapi jangan lupa memakai sunscreen dengan spf 30+.
Oiya.. dari beberapa rekomendasi teman-teman di Square, kalau kulit kamu masih sehat, gunakan Acid toner (AHA, BHA) di usia >20th ya. Kecuali kalau sudah butuh a.k.a kulitnya bermasalah, bisa pakai itu. Dan lagi, untuk penggunaan produk yang mengandung AHA-BHA pelan-pelan saja. Coba seminggu sekali dulu, sampai kulit terbiasa, baru lama-lama jadi seminggu 2-3 kali. Atau kalau konsentrasi AHA-BHAnya rendah (<-1) itu bisa dipakai setiap hari. Dibaca baik-baik pokoknya pemakaian produk itu harusnya bagaimana.

♧ Hydrating
Menggunakan hydrating toner. Ini berguna untuk mengembalikan pH kulit kita ke normal (+- pH 5) dan bikin kulit kita lebih siap menyerap skincare selanjutnya. Hydrating ini dilakukan setiap hari setelah cuci muka, atau dipakai setelah exfoliating.

♧ Moisturizing
Ini juga wajib dilakukan, bahkan untuk kulit berminyak sekalipun! Pakai pelembab apapun yang cocok. Sesuaikan juga dengan jenis kulit. Biasanya kalau pelembab untuk kulit kering berupa cream, sedangkan untuk kulit berminyak berbentuk gel. Pakai dua kali di pagi dan malam supaya kulitmu selalu lembab ♡

♧ SPF
Kalau mengutip kata Yannie Kim, SPF ini anti-aging paling oke. Karena sinar matahari sekarang ini makin nyengat, makin ngga bagus buat kulit. Bisa-bisa kulit jadi belang, muncul flek, atau keriput. Jadi rajin-rajinlah pemirsa untuk pakai SPF ini hoho.. SPF 30 sudah cukup kalau kamu lebih banyak kegiatan indoor. Tapi tingkatkan lagi kalau lagi aktivitas outdoor yah. Oiya, SPF ini wajib meskipun kamu nggak ada keluar rumah. Pokoknya harus selalu dipakai di pagi hari titik!


Sekian tulisan kali ini. Barangkali ada yang kurang pas bisa disampaikan kritik dan sarannya di komen hehe.. Yuk semangat merawat diri. Bukan demi apapun, tapi untuk mensyukuri pemberian-Nya. Fighting! ♡♡♡