Langsung ke konten utama

[STORY] My Acne Story

Aku lupa kapan tepatnya aku mulai jerawatan. SD sih yang jelas. Waktu itu, aku iseng cobain facial foam punya ibu haha.. Gila kan? Masih kecil, juga! 
Since then, my life changes. Nggak terhitung berapa banyak hari buruk yang kulalui dengan ejekan "jerawatan". Itu bikin aku stres, dan yah, tentu saja jerawat semakin menjadi. Aku belum mengenal skincare, tapi malah memperkenalkan kulit dengan bb-dd cream. Pola hidup, caring, dan makanku selama remaja sangat amat buruk. Tidak double cleansing meski menggunakan makeup, sempat menggunakan scrub sebagai cuci muka selama beberapa hari, terlalu sering cuci muka, hingga memakan apapun tanpa menyaring apakah itu baik untukku atau tidak. Wah.. dosaku banyak banget sama kulitku >.<

Masuk kuliah, dengan lingkungan baru, kebiasaanku masih sama. Tabiatku baru mulai berubah di tahun kedua. Aku mulai mengenal skincare, mulai berusaha menjaga pola makan, belajar dari nol bagaimana upaya merawat diri. Special thanks to @gitasav, @verdinvee, dan my friend @juniermaulida. Dari tiga orang di atas aku mulai belajar tentang merawat diri dan memilih bahan-bahan yang tepat untuk mengatasi jerawat. Kalau sekarang, banyak sekali akun yang berbagi tentang itu hihi..
Aku alergi ikan, terutama pindang dan tongkol. Maka sejak aku tahu, aku benar-benar menjauhinya. Jenis lain aku kurang tahu, tapi sebisa mungkin aku berusaha tidak makan ikan, kecuali dalam jumlah kecil dan jeda beberapa hari. Aku juga mengurangi konsumsi dairy products, tidak bisa stop karena sesekali aku minum yoghurt dan susu full cream. Aku juga terlalu cinta dengan keju. Tapi setidaknya, aku berusaha menguranginya (meskipun sulit T_T). Sehari-hari, aku makan sayur, sesekali ayam (hemat!!!), tahu-tempe (rebus, kalau bisa), dan telur (setengah mati berusaha mengontrol agar tidak terlalu sering). Kalau di rumah, aku banyak-banyak makan buah. Kalau di kos kan agak kere ya (duit habis buat skincare bok -,-).
Buat skincare, aku juga masih labil, belum yang menetap ke brand tertentu, menyesuaikan kantong saja *lol*. But I highly highly recommend COSRX for your acne treatments!!! Call it COSRX BHA A-Sol and Acne Master Patch (it's everyone's holy grail to calm acne!). I've used both of them in last semester and my acne has gone ♡♡♡
Sejak awal tahun ini, aku fokus ke basic skincare: double cleansing, exfoliate, hydrating, moisturizer, and spf, dan kulitku banyak kemajuaan ♡. Jerawat perlahan kempes dan nggak balik lagi (satu-dua muncul kalau lagi haid), bekas-bekas juga memudar, bopeng yang dulu kukira bakal dalam banget juga membaik. 

Sekarang kondisi kulitku nggak lagi terlalu berminyak (meski belum bisa disebut normal), masih ada satu-dua jerawat, bekas merah sedikit di beberapa titik, dan tekstur kulit yang seperti parut. 
Jujur, aku nggak nyangka bakal bisa sebegini membaiknya. Sayang aku nggak ada foto before-after (karena aku kurang suka foto, maaf). Dulu aku sempat foto, tapi lightingnya kurang bagus, jadi agak kurang nyaman kalau ku-post.

Berikut skincare yang saat ini kugunakan, beberapa masih sering ganti hehe..
First cleanser: Biore/Hada Labo Cleansing Oil (seadanya dana haha)
Second cleanser: COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser (sudah tube ke-3)
Exfoliating: COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol (Mon, Wed, Fri) (sudah botol kedua, tapi kalau habis mau coba exfoliator yang lain)
Hydrating: Nacific Real Floral Calendula Toner (sudah botol kedua, tapi kayaknya mau coba toner yang lain)
Moisturizer: Wardah Witch Hazel for Oily Skin (nggak tau sudah tube ke-berapa, banyak >.<)
SPF (day): Skinaqua SPF 30 (sering ganti)
Acne treatment: COSRX Acne Master Patch (HOLY GRAIL)

Aku tahu menghadapi jerawat memang nggak mudah, dan butuh stok sabar dan konsisten sejagat raya, tapi jangan pernah menyerah! Kenali lagi diri kita, cari tahu betul apa yang menurut kamu baik untuk diri kamu. Enggak harus mahal, lokalpun kalau cocok, ya so what? Keep fighting everyone ♡♡♡