Langsung ke konten utama

Akhirnya Nonton!!! (Ralph Breaks the Internet)


Setelah berkali-kali ganti jadwal, akhirnya kesampaian juga nonton. Pas hari ini kosong. Tugas banyak sebenernya, tapi diajakin pada bengong. Yaudahlah, tinggal aja. Dari sekian film yang lagi tayang, kupilih ini, karena lainnya aku ngga ngerti *lol* Terus terang ini karakternya agak di luar nalar.
Cerita bermula dari tempat game arcade. Di dalamnya ada gim Sugar Rush, game racing tapi versi imut gitu. Di dalamnya ada karakter Venellope dan Ralph.
Venellope dikenal sebagai pembalap paling oke di gimnya. Saking okenya, dia sampe bosen sama balapan yang itu-itu terus. Kurang tantangan, katanya. Ralph kemudian mencoba buat rute baru, tapi justru bikin rusak gim, karena setirnya patah (kelakuan Venellope di luar kendali pemain). Untuk ganti setir itu, butuh biaya $200 di eBay. Litwalk, pemilik Arcade ga ada biaya sebanyak itu. Apalagi pabrik Sugar Rush udah bangkrut. Jadilah dia milih buat jual gimnya.
Ralph dan Venellope kemudian dapat ide buat beli setir itu ke eBay. Kebetulan Litwalk baru pasang wifi. Menjelajahlah mereka berdua ke internet. Asli, penggambaran dunia internet di situ cukup bikin takjub. Bisa gitu ya? Penggunaan iPhone, wujud dalam eBay, Amazon, Youtube, Instagram, Twitter, dsb dsb yang selama ini ada di smartphone kita, digambarkan di sana. Jadi semacam behind the scene apa yang kita lakukan sehari-hari. Di dunia internet, mereka bertanya ke KnowsMore (mesin pencari), dan mereka diantar ke eBay.
Sampai eBay, mereka pelajari kalau untuk membeli suatu barang, mereka perlu bersaing harga dalam waktu tertentu. Harga deal adalah harga tertinggi ketika waktu habis. Merekapun melakukan hal itu untuk setir gim. Dari harga $200, setir gim itu terjual menjadi $27.001. Bodohnya, Ralph dan Venellope baru tahu kalau mereka harus membayar itu dalam uang dollar *lol*. Jadilah mereka berusaha mencari uang.
Pertama dengan mengikuti iklan pop-up "dapat uang dari gim". Yang kemudian mengantarkan mereka ke Slaughter Race. Niatnya mau curi mobil buat dapat uang, Venellope malah balapan dengan Shank dan menemukan tantangan yang selama ini dia cari. Karena gagal dapat uang dari mobil, Shank "memperkenalkan" Ralph dengan BuzzTube (semacam YouTube) dan Yess, ahli algoritma di BuzzTube. Perjalanan Ralph menjadi viral content creator pun dimulai. Dia membuat berbagai macam video yang sedang viral demi mendapat likes. Pundi-pundi dollar terkumpul. Dan konflik bermunculan.
Ralph membaca komentar kebencian di videonya, dan kalimat Yess cukup pas mewakili apa yang aku -dan mungkin kita semua- rasakan selama bermain internet: "Aturan pertama bermain internet adalah bahwa kamu harus mengabaikan komentar. Dalam satu dua hal, komentar itu mungkin bagus, tapi tidak semuanya harus diterima."
Dollar terkumpul, setir terbeli. Namun masalah belum selesai. Venellope menolak untuk kembali ke Sugar Rush. Ralph mengamuk, menghasilkan virus, dan "merusak internet" dalam arti harfiah.
Pada akhirnya, film ini bercerita tentang kisah persahabatan mereka. Bagaimana untuk saling mendukung mimpi, mengalahkan ego, usaha untuk mengejar mimpi, dan tentu, setia kawan. Hal ini terus terang di luar ekspektasiku. Aku hanya mengira ini kisah tentang "internet". Dan tidak mengira akan sebegini bagus. Kukatakan pada kalian, kalian tidak akan menyesal menontonnya.
Akhir kata, mumpung filmnya masih banyak jam tayang, selamat menonton ♡