Langsung ke konten utama

[SHARING] Park Bo Gum: Good Day in Jakarta (PART 1)

Kamis, 10 Januari 2018, salah satu akun fansite mengumumkan kalau Park Bo Gum dikonfirmasi datang ke Jakarta dalam rangka Asia Tour, dengan tema "Good Day in Jakarta". Dalam poster terdapat keterangan bahwa acara akan diselenggarakan di The Kasablanka Hall pada Sabtu, 23 Maret 2018 pukul 6.30PM dengan promotor MecimaPro. 

Demi apa aku terkejut dooongg... Sebenarnya berita tentang Asia Tour-nya sudah ada sejak akhir tahun kemarin, tapi kukira baru akan terjadi semester kedua tahun ini T_T Seketika aku mengikuti akun Mecima di twitter dan instagram. Malamnya, segala detail mengenai fanmeeting dirilis. Termasuk benefit dari fanmeeting!


Demi apaa.. aku terharuu. Sudah dua tahun sejak fanmeeting pertama (Oh Happy Day, 13 Januari 2017), tapi detail lokasi, harga, dan benefit masih sama ㅠㅠ 
Dengar berita seperti ini, tentu aku bimbang. 
Pertama, itu terjadi di bulan Maret, bulan kelahiranku. Entah kenapa aku merasa senang, seolah menjadi hadiah ulang tahun, meski lewat tanggalnya. 
Kedua, aku sudah tidak hadir di konser Blackpink 19-20 Januari ini. Aku merasa diberi "kesempatan" lain. Seolah itu menjadi pengganti konser. 
Ketiga, detailnya masih sama, persis seperti 2th lalu. Harga terendah, lokasi, promotor, dan benefit hitouch untuk semua kategori. SIAPA YANG BISA MENOLAAAK???? Terlebih aku dulu sudah tidak datang. 
Keempat, hei, tahun aku berusia 21th. Usia yang cukup besar untuk menjaga diri, bahkan aku sudah tinggal sendiri bukan? Saat fanmeeting 2th yang lalu, usiaku memang belum 20th. Jadi penolakannya masih bisa kuterima. 
Kelima, acara berlangsung pada hari Sabtu. Jadwal kuliahku hari Jumat hanya sampai dhuhur. Kereta termurah Jogja-Jakarta tersedia ashar, dan aku menemukan hotel murah dengan jarak <5km dari lokasi. KURANG BERUNTUNG APAAA????

Aku segera mencari informasi mengenai fanmeeting, menimbang apakah harus ikut jastip atau beli sendiri. Tapi mengingat aku masih awam (baik dengan acara serupa dan lokasi), akhirnya kupilih jastip. Ada dua pilihan: [at]oursunrisetour_ (selanjutnya kutulis OST) yang bagian dari [at]eomma_kshop, atau [at]milky_kshop. Aku belum pernah bertransaksi di OST, tapi sepanjang yang aku amati, mereka meyakinkan. Sering berbagi cerita dan tips juga. Sementara di Milky, aku sudah cukup kenal. Pernah beli kaos dan PO album Gfriend: Time For Us. Jelas sudah yakin. Setelah menimbang-nimbang, aku akhirnya pilih OST. Toh tarifnya masih masuk akal (150ribu).

Rancangan tiket, akomodasi, dan transportasi beres, sekarang izin. Jumat malam, aku segera bilang ke ayah tentabg ini. Sambil deg-degan. Sayangnya, waktu balas chat kami selisipan. Saat aku menunggu, ayah sedang ada tamu. Saat ayah balas, aku sedang ada kerjaan (aku kerja part-time). Jadilah belum ada keputusan apa-apa. Sabtu sore, karena waktu mepet, aku langsung menelepon ayah. Setelah basa-basi mengenai pekerjaanku, aku mulai menyinggung tentang fanmeeting. Tahu apa reaksinya? Tertawa! Seketika bebanku terasa ringan. Karena seringnya, reaksi seperti itu berarti kabar bagus, hehe.. Awalnya, ayah meminta waktu berpikir, tapi begitu kukatakan pemesanan tiket dimulai besok, akhirnya segera diiyakan *lmao*. Sebenarnya, ada sebuah tips untuk izin hal-hal seperti ini:
1. Jelaskan acaranya akan seperti apa. Beri gambarannya. Untuk fanmeeting ini, kugambarkan seperti talkshow, atau acara di Shopee kemarin.
2. Rencanakan dengan matang. Siapkan rencana perjalananmu. Berangkat naik apa, jam berapa, menginap dimana, pulangnya bagaimana. Rencanakan secara detail, dan sampaikan.
3. Berangkat dengan teman menjadi nilai plus! Seringnya, orang tua khawatir kalau terjadi sesuatu. Sehingga seringkali aku ditanya, "Pergi dengan siapa?". Jika kamu ada teman, kenalkan temanmu. Sebut namanya dan hubungan kalian (teman sekelas, tetangga, semacamnya). Syukur kalau diberi kontaknya (tentu atas izin temanmu).
Bagaimana jika kamu terpaksa berangkat sendiri (sepertiku nanti)? Kalau kamu takut, bisa ikut jastip. Nanti akan ada grup, dan di lokasi kalian bisa berkenalan satu sama lain. Syukur kalau bisa duduk sebelahan. Tapi kalau tidak, setidaknya kamu tidak perlu lagi memikirkan urusan tiket, karena sudah ditangani.
4. Gunakan tabungan! Sebisa mungkin tidak meminta dana ke orangtua (kecuali diberi atau tambahan uang saku). Memberi izin sudah sulit, jangan dipersulit lagi dengan dana fanmeeting, transportasi, dan akomodasi yang jelas tidak murah. Apalagi jika waktunya sempit (di fanmeeting ini jarak antara pengumuman dan pembelian tiket hanya 3 hari). Sebisa mungkin jangan!
5. Pastikan kamu bisa menjaga diri (mandiri). Syukur kalau usiamu sudah kepala 2. Dan jangan sampai acara mengganggu aktivitas harianmu.
Logikanya begini: orang tua tahu acaranya akan seperti apa, rencana perjalananmu matang, kamu jelas perginya bakal bagaimana, dana tidak minta, dan kamu bisa menjaga diri -> siapa yang bisa menolak? Kalau ditolak, bisa-bisa kamu nekat berangkat karena semua halnya sudah siap. Iya kan? ^^

Begitu izin turun, aku segera mendaftar jastip. Total biayanya IDR 937.500, dengan rincian:
IDR 750.000 tiket section Pink
IDR 15.000 biaya admin tiket
IDR 150.000 biaya jasa titip
IDR 22.500 biaya kartu kredit
Mahal? Memang. Tapi jika itu bisa menghemat waktu, biaya, dan tenagaku, why not? :))

Baiklah.. saat ini itu saja. Akan kulanjut di hari H nanti. See ya... ♡